Iklan: Pengertian, Fungsi, Syarat, Struktur, Kaidah, dan Unsur | Bahasa Indonesia Kelas 8
Halo Teman KOCO, kata iklan pasti sudah nggak asing buat kamu, apalagi saat berselancar di media sosial, pasti pernah dong kamu melihat iklan yang menawarkan barang atau jasa. Nah kira-kira kamu penasaran nggak sih apa itu iklan dan bagaimana cara membuatnya?
Untuk menjawab rasa penasaran kamu, Minco sudah menyiapkan nih penjelasan lengkap mengenai iklan yang perlu banget untuk kamu ketahui! Mulai dari pengertian, struktur sampai ke contohnya. Yuk Teman KOCO kita simak bareng-bareng!
Apa Itu Iklan?
Sebelum membahas lebih lanjut, kalian harus mengenai terlebih dahulu pengertian dari iklan. Iklan merupakan salah satu media promosi yang sangat efektif untuk mempromosikan barang atau jasa kepada masyarakat yang dibuat se-menarik mungkin dengan tujuan agar masyarakat tertarik mengenali, membeli, atau menikmati barang atau jasa yang ditawarkan. Jadi hal yang wajar bila kamu menemukan iklan di jalan ataupun saat bermain smartphone, karena iklan bertujuan menarik perhatian masyarakat, sehingga dapat memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan.
Fungsi Iklan
Nah dari pengertian yang telah dijelaskan, penggunaan iklan tidak akan banyak apabila tidak memiliki fungsi. Berikut ini beberapa fungsi dari iklan.
Sebagai upaya pendekatan / persuasi (mengarahkan konsumen untuk membeli)
Iklan berusaha untuk mengarahkan konsumen membeli produk atau jasa yang ditawarkan dengan menggunakan kalimat bahasa persuasif yang menarik perhatian pembaca
Sebagai informasi untuk menyampaikan produk baru
Kepada masyarakat iklan berfungsi untuk menyampaikan informasi mengenai produk atau jasa yang diiklankan dengan menonjolkan kelebihan yang produk atau jasa tersebut tawarkan.
Sebagai pengingat agar konsumen selalu menggunakan produk tersebut.
Selain memberikan informasi, iklan berfungsi agar konsumen selalu menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.
Syarat Iklan
Setelah kamu mengetahui pengertian, fungsi dan manfaat dari iklan, sudah sampailah kita pada bagian bagaimana membuat teks berita? Nah, sebelum itu ada beberapa syarat teks iklan yang perlu untuk Teman KOCO ketahui sebagai berikut.
Sesuai fakta (jujur) dan objektif
Iklan harus bersifat sesuai dengan fakta dan objektif serta tidak melebih-lebihkan apalagi bersifat bohong.
Singkat, jelas, padat, mudah dipahami
Iklan harus berisi informasi yang singkat, jelas, padat dan mudah dipahami saat dibaca oleh masyarakat.
Tidak menyinggung pihak lain
Iklan haruslah dikemas dengan baik tanpa ada niatan menyinggung pihak lain.
Tepat sasaran
Artinya informasi yang disampaikan dalam iklan sesuai dengan audiens yang ditargetkan.
Kata-kata sopan, menarik, dan logis
Iklan dikemas menggunakan kata-kata yang sopan, menari, dan logis, agar dapat menarik minat masyarakat
Struktur Iklan
Teman KOCO sudah paham mengenai syarat iklan bukan? Maka dari itu kita sudah bisa membahas apa saja struktur dalam teks iklan. Dalam teks iklan terdapat tiga struktur, dimulai dari judul, nama produk atau jasa, dan ditutup dengan deskripsi.
Kamu jangan sampai salah menulis struktur ya, struktur iklan haruslah ditulis berurutan agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.
Judul
Yaitu bagian yang diletakkan dibagian paling atas dan dilihat pertama kali oleh orang, tetapi tidak semua iklan mencantumkan judul.
Nama Produk/Jasa
Yaitu bagian yang berisi tentang nama produk atau jasa yang akan ditawarkan.
Deskripsi
Yaitu bagian yang menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat, ditulis dengan menarik dan cara mendapat produk tersebut, alamat atau nomor yang bisa dihubungi.
Kaidah Kebahasaan Iklan
Terdapat tiga kaidah kebahasaan dalam teks iklan, yaitu kalimat persuasif, menggunakan slogan, dan memakai subjek orang pertama. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.
Kalimat Persuasif
Kalimat ini bertujuan meyakinkan serta membujuk pembaca agar menerima gagasan penulis terhadap sesuatu. Ada beberapa kalimat persuasif di iklan produk tersebut.
Menggunakan slogan
Slogan adalah kalimat yang mudah diingat, menarik, dan mencolok. Slogan biasanya berupa susunan kata tertentu yang memberi penjelasan secara singkat terhadap suatu produk atau jasa sehingga mudah diingat.
Misalnya:
● Merdeka atau mati
● Say no to drugs
Memakai Subjek Orang Pertama
Biasanya, teks iklan akan menggunakan subjek orang pertama atau tunggal/jamak, seperti aku, saya, dan kami, untuk mengganti instansi pemasang iklan. Subjek yang dipakai di teks iklan itu ialah subjek orang pertama jamak, yaitu kami.
Unsur Pembentuk Iklan
Selain kaidah kebahasaan, dalam penulisan teks iklan, terdapat unsur pembentuknya. Nah, apa saja unsur-unsur pembentuk iklan itu? Berikut ini penjelasannya!
Sumber
Sumber merupakan seseorang atau badan yang berinisiatif memasang iklan dan menanggung dana pemasangan.
Pesan
Pesan artinya informasi berupa verbal atau nonverbal yang berusaha disampaikan.
Media
Media adalah sarana yang digunakan untuk menyampaikan iklan.
Penerima
Penerima di sini artinya perorangan, kelompok, atau audiens yang menjadi target sasaran.
Efek
Perubahan sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup yang terjadi pada penerima iklan.
Umpan balik
Respons atau reaksi yang diberikan penerima iklan.
Konteks
Konteks adalah situasi yang berhubungan dengan iklan atau tujuan penulisan iklan.
Contoh iklan

Berikut identifikasi struktur dari contoh iklan di atas.
Judul | Aktif Tanpa Takut Dehidrasi |
Produk | Minuman Isotonik |
Deskripsi | – Memberi contoh aktivitas di rumah – Menampilkan keunggulan produk – Menampilkan solusi |
Itulah penjelasan lengkap mengenai teks iklan dari pengertian hingga unsurnya. Sekarang kamu sudah lebih paham mengenai teks iklan bukan?
Kalau Teman KOCO mempunyai pertanyaan seputar teks iklan ini, tulis di kolom komentar, ya. Jangan lupa juga untuk sering-sering latihan soal atau menonton video untuk meningkatkan pemahaman kamu mengenai cabang ilmu Bahasa Indonesia ini.
Kamu bisa mendownload rangkuman materi gratis, menonton video pembelajaran dan bertanya langsung dengan guru menggunakan KOCO Star lho!
Klik banner dibawah ini untuk dapatkan aksesnya.
